Monday, March 9, 2015

Global Peace Volunteers Camp 1.24: One Family Under God

Global Peace Volunteers Camp 1.24
Cipanas, Bogor
6-8 Maret 2015

Delegasi GPV Camp 1.24
Global Peace Volunteers (GPV) Camp adalah salah satu kegiatan yang dinaungi Global Peace Foundation (GPF). GPF adalah sebuah organisasi yang memiliki cabangnya di puluhan negara termasuk Indonesia. Mempunyai visi "One Family Under God", GPF mencoba untuk mempromosikan nilai-nilai perdamaian bahwa semua manusia adalah satu keluarga yang berketuhanan tanpa memandang agama, ras, dan budaya dengan membangun kemitraan lintas agama, penguatan kekeluargaan, dan budaya kesukarelawanan.

GPV Camp sendiri adalah sebuah pelatihan kepemimpinan pemuda yang sebagai sarana untuk mewujudkan visi dan misi GPF. GPV Camp 1.24 diadakan di Villa Coolibah, Puncak, Cipanas, Bogor oleh GPYC Chapter Bandung. Yang artinya ini adalah seri camp ke-24 yang diadakan GPF Indonesia. Btw, Puncak dingin banget guys, sumpah dingin.

Dengan rute penerbangan Palangka Raya-Jakarta, lanjut naik bus Jakarta-Bogor, lanjut lagi naik mobil colt Bogor-Cipanas. Perjalanan yang sangat-sangat panjang dan melelahkan. Pergi bareng Rusdi (Universitas Palangka Raya), teman seperjuangan waktu IYF 2014 dulu, dan bakalan meet up juga sama Lis (Universitas Padjadjaran) di GPV Camp 1.24.

Perkenalan peserta
Hari pertama, seperti biasa diawali dengan perkenalan antar peserta dan pembagian grup, total peserta ada 18 orang, ada yang dari Palangka Raya, Palembang, Yogjakarta, Solo, Bogor, Bangka Belitung, Jakarta, dan Bandung. Lanjut pembagian kelompok, aku satu kelompok sama Nina (Universitas Bangka Belitung), Fauzi (UIN Sunan Gunung Djati), dan mba Novi (Interstudy Jakarta). Btw, salut buat grup macan yang dipimpin Ade dari Universitas Muhammadiyah Yogjakarta, gokil haha. Setelah itu lanjut sesi personality plus, mencari tahu tipe kepribadian masing-masing, ternyata saya adalah seorang koleris. Malamnya sesi Learning from Disneyland.

Hari kedua dimulai dengan creativity sport game, setiap grup diharuskan untuk membuat gerakan senam sendiri yang unik berdasarkan lagu yang telah ditetapkan panitia. Setelah itu lanjut materi dari Mrs. Poon Yor Ching dengan lima sesi; realizing one family under God, Ryan's well video, living for others, true love, dan 4 core values (teamwork, take ownership, big dream, dan living for the greater good). Yah lumayan lah bisa nanya ke Mrs. Ching 2 kali.

Salah satu sesi yang paling menarik adalah sesi Ryan's well video, seorang bocah 7 tahun asal Amerika yang membantu anak-anak di Afrika untuk bisa minum air bersih. Sangat menginspirasi. Malam harinya sesi penampilan drama dan heart to heart. Sesi HtH kebetulan dapat sama bang Naskar Hans (Direktur Program GPV Camp), what a great story bro hehe.

Hari ketiga diawali dengan unity ball. Lalu lanjut dengan service in action, para peserta turun ke lapangan mengaplikasikan core values yang telah dipelajari. Grup saya melakukan aksi bersih-bersih dan ngambil sampah sekitar villa. Terus kami juga wawancara sama ibu tukang masak selama kami camp ini, dari cerita beliau sangatlah menginspirasi. Setelah itu presentasi action plan berdua sama Rusdi, bikin seminar tentang sampah plastik.

GPV Camp 1.24 sudah usai, tapi cerita belum berakhir. Jadi ceritanya saya waktu itu harus ngerepotin Hendri dari Univertsitas Negeri Jakarta buat ngejadiin dia sebagai guide saya buat pergi ke Jakarta ke office maskapai pesawat pulang saya karena suatu hal harus ganti jadwal dan bayar ulang tiketnya disana, alhasil saya pun nginap sehari di kostnya dia, thanks bro.

Foto bersama Mrs. Poon Yor Ching
Categories:

0 komentar:

Post a Comment